Mengucilkan seorang muslim lebih dari 3 hari

5:2 49:10 5:2 49:10 RS 1591 RS 1592 RS 1593 RS 1594 RS 1595 RS 1596 RS 1597

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ لَا تُحِلُّوا۟ شَعَٰٓئِرَ ٱللَّهِ وَلَا ٱلشَّهْرَ ٱلْحَرَامَ وَلَا ٱلْهَدْىَ وَلَا ٱلْقَلَٰٓئِدَ وَلَآ ءَآمِّينَ ٱلْبَيْتَ ٱلْحَرَامَ يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِّن رَّبِّهِمْ وَرِضْوَٰنًا ۚ وَإِذَا حَلَلْتُمْ فَٱصْطَادُوا۟ ۚ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَـَٔانُ قَوْمٍ أَن صَدُّوكُمْ عَنِ ٱلْمَسْجِدِ ٱلْحَرَامِ أَن تَعْتَدُوا۟ ۘ وَتَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْبِرِّ وَٱلتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا۟ عَلَى ٱلْإِثْمِ وَٱلْعُدْوَٰنِ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۖ إِنَّ ٱللَّهَ شَدِيدُ ٱلْعِقَابِ


Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar Allah, dan jangan melanggar kehormatan bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) binatang-binatang had-ya, dan binatang-binatang qalaa-id, dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitullah sedang mereka mencari kurnia dan keridhaan dari Tuhannya dan apabila kamu telah menyelesaikan ibadah haji, maka bolehlah berburu. Dan janganlah sekali-kali kebencian(mu) kepada sesuatu kaum karena mereka menghalang-halangi kamu dari Masjidilharam, mendorongmu berbuat aniaya (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya.

إِنَّمَا ٱلْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا۟ بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ


Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.

وَعَنْ أنَسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم :

لا تَقَاطَعُوا، وَلَا تَدَابَرُوا، وَلَا تَبَاغَضُوا، وَلَا تَحَاسَدُوا، وَكُونُوا عِبَادَ اللهِ إخْوَاناً . وَلَا يَحِلُّ لمُسْلِمٍ أَنْ يَهْجُرَ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلَاثٍ.

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ


Dari Anas ra. yang berkata: Rasulullah saw. bersabda:

Janganlah kalian saling memutuskan hubungan, juga jangan saling memalingkan muka, saling membenci, saling hasud, tetapi jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara. Dan tidaklah halal bagi seorang muslim untuk mengabaikan dan tidak tidak menyapa saudaranya lebih dari tiga hari.

(Muttafaq 'alaih)


Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no. 5605 dan 5612; Muslim, hadis no. 4641 dan 4642; Abu Daud, hadis no. 4264; al-Tirmizi, hadis no. 1858; Ahmad, hadis no. 11630, 12230, 12580, 12702, 12875, 13425 dan 13505; Malik, hadis no. 1411.

وَعَنْ أَبِي أيُّوبَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أنَّ رَسُولَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم قََالَ :

لا يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أَنْ يَهْجُرَ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلَاثِ لَيَالٍ : يَلْتَقِيَانِ، فَيُعْرِضُ هَذَا وَيُعْرِضُ هَذَا، وَخَيْرُهُمَا الَّذِي يَبْدَأ ُبِالسَّلَامِ .

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ


Dari Abu Ayyub ra. yang berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda:

Tidak dihalalkan bagi seorang muslim untuk membiarkan saudaranya lebih dari tiga malam. Jika berjumpa, yang ini memalingkan muka, dan yang itu memalingkan muka, dan sebaik-baik dari keduanya adalah yang memulai mengucapkan salam.

(Muttafaq 'alaih)


Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no. 5613; Muslim, hadis no. 4643; Abu Daud, hadis no. 4265; al-Tirmizi, hadis no. 1855; Ahmad, hadis no. 22428, 22473 dan 22481; Malik, hadis no. 1410.

وَعَنْ أبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قََالَ : قََالَ رَسُولُ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم :

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ فِي كُلِّ اثْنَيْنِ وَخَمِيْسٍ، فَيَغْفِرُ اللهُ لِكُلِّ امْرِيءٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللهِ شَيْئاً، إِلَّا امْرَءًا كَانَتْ بَيْنَهُ وبَيْنَ أخِيهِ شَحْنَاءُ، فَيقُولُ : اتْرُكُوا هذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا .

رَوَاهُ مُسْلِمٌ


Dari Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda:

Amal perbuatan akan dilaporkan setiap hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni setiap orang yang tidak menyekutukan-Nya dengan apa pun, kecuali seorang yang sedang bermusuhan dengan saudaranya. Ketika itu Allah berfirman: Biarkan saja dua orang ini sampai keduanya berdamai.

(HR Muslim)


Hadis sahih, diriwayatkan oleh Muslim, hadis no. 4652; Abu Daud, hadis no. 4270; al-Tirmizi, hadis no. 678 dan 1946; Ibn Majah, hadis no. 1730; Ahmad, hadis no. 7318, 8011, 8692, 8832, 9625 dan 9883; Malik, hadis no. 1414 dan 1415; al-Darimi, hadis no. 1686.

وعَنْ جَابِرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قََالَ : سَمِعْتُ رَسُول الله صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يقُولُ :

إِنَّ الشَّيْطَانَ قَدْ يَئِسَ أنْ يَعْبُدَهُ المُصَلُّونَ فِي جَزِيرَةِ العَرَبِ وَلَكِنْ فِي التَّحْرِيشِ بَيْنَهُمْ .

رَوَاهُ مُسْلِمٌ

التَّحْرِيشُ الإفْسَادُ وتَغييرُ قُلُوبِهِمْ وتَقَاطُعُهُم .


Dari Jabir ra. berkata: Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda:

Sesungguhnya setan sudah berputus asa agar disembah oleh orang-orang yang shalat di Jazirah Arab, kecuali yang bisa ia lakukan hanyalah tahrisy, yaitu mengadu domba dan mempengaruhi hati mereka.

(HR Muslim)

Attahrisy yaitu membuat kerusakan dan mengubah-ubah hati mereka serta mengusahakan supaya mereka itu saling putus-memutuskan hubungan persaudaraan dan persahabatan.


Hadis sahih, diriwayatkan oleh Muslim, hadis no. 5030; al-Tirmizi, hadis no. 1860; Ahmad, hadis no. 13847, 13288, 14412 dan 14586.

وَعَنْ أَبي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْه قََالَ : قََالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم

لَا يَحِلُّ لِمُسْلِمٍ أنْ يَهْجُرَ أَخَاهُ فَوْقَ ثَلَاثٍ، فَمَنْ هَجَرَ فَوْقَ ثَلَاثٍ فَمَاتَ دَخَلَ النَّارَ .

رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ بإسْنادٍ عَلَى شرْطِ البُخَارِيّ


Dari Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda:

Tidak halal bagi seseorang muslim untuk tidak menegur saudaranya melebihi tiga hari. Barangsiapa meninggalkan (tidak menegur) saudaranya melebihi dari tiga hari, kemudian ia mati, maka niscaya ia masuk neraka.

(HR Abu Daud dengan isnad menurut syaratnya al-Bukhari)


Hadis sahih, diriwayatkan oleh Muslim, hadis no. 4645; Abu Daud, hadis no. 4268; Ahmad, hadis no. 8730.

وعَنْ أَبي خِرَاشٍ حَدْرَدِ بنِ أَبي حَدْرَدٍ الأسْلميِّ، ويُقَالُ السُّلمِيّ الصَّحابِي رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أنَّهُ سَمِعَ النبيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يقُولُ :

مَنْ هَجَرَ أَخَاهُ سَنَةً فَهُوَ كَسَفْكِ دَمِهِ .

رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ بإسْنَادٍ صَحِيْحٍ


Dari Abu Khirasy, yaitu Hadrad Ibn Hadrad al-Aslami, ada yang mengatakan: Assulami Asshahabi ra. bahwa ia mendengar Nabi saw. bersabda:

Barangsiapa yang meninggalkan saudaranya selama setahun, maka ia seperti mengalirkan darahnya .

(HR Abu Daud dengan sanad yang sahih)


Hadis sahih, diriwayatkan oleh Abu Daud, hadis no. 4269; dan Ahmad, hadis no. 17256.

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أنَّ رَسُولَ اللهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم قَالَ :

لَا يَحِلُّ لِمُؤْمِنٍ أنْ يَهْجُرَ مُؤْمِناً فَوْقَ ثَلَاثٍ، فَإنْ مَرَّتْ بِهِ ثَلَاثٌ، فَلْيَلْقََهُ، فَلْيُسَلِّمْ عَلَيْهِ، فَإنْ رَدَّ عَلَيْهِ السَّلامَ، فَقََدِ اشْتَرَكَا فِي الأجْرِ، وَإنْ لَمْ يَرُدَّ عَلَيْهِ، فَقَدْ بَاءَ بِالإثْمِ، وَخَرَجَ المُسَلِّمُ مِنَ الهِجْرَةِ.

رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ بإسْنَادٍ حَسَنٍ

  قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ : إِذَا كَانَتِ الهِجْرَةُ للهِ تَعَالَى فَلَيْسَ مِنْ هَذَا فِي شَيْءٍ .


Dari Abu Hurairah ra. yang berkata bahwa Nabi saw. bersabda:

Tidak halal bagi seorang mu'min meninggalkan ( tidak menyapa) seseorang mu'min lainnya lebih dari tiga hari. Jika lewat tiga hari maka hendaklah menemuinya dan mengucapkan salam padanya. Jika saudaranya menjawab salam, maka keduanya mendapatkan pahala, dan apabila tidak menjawab salam, maka ia kembali dengan dosa. Sedangkan orang yang memulai salam tidak lagi mendiamkannya.

(HR Abu Daud dengan isnad hasan)

Abu Daud berkata: Jika alasan meninggalkannya adalah kalau karena Allah Ta'ala, maka hal itu tidak berdosa.


Hadis hasan, diriwayatkan oleh Abu Daud, hadis no. 4645.