Menyambung rambut dan merubah bentuk gigi

4:117 4:118 4:119 4:117 4:118 4:119 RS 1642 RS 1643 RS 1644 RS 1645 RS 1646

إِن يَدْعُونَ مِن دُونِهِۦٓ إِلَّآ إِنَٰثًا وَإِن يَدْعُونَ إِلَّا شَيْطَٰنًا مَّرِيدًا


Yang mereka sembah selain Allah itu, tidak lain hanyalah berhala, dan (dengan menyembah berhala itu) mereka tidak lain hanyalah menyembah syaitan yang durhaka,

لَّعَنَهُ ٱللَّهُ ۘ وَقَالَ لَأَتَّخِذَنَّ مِنْ عِبَادِكَ نَصِيبًا مَّفْرُوضًا


yang dilaknati Allah dan syaitan itu mengatakan: "Saya benar-benar akan mengambil dari hamba-hamba Engkau bahagian yang sudah ditentukan (untuk saya),

وَلَأُضِلَّنَّهُمْ وَلَأُمَنِّيَنَّهُمْ وَلَءَامُرَنَّهُمْ فَلَيُبَتِّكُنَّ ءَاذَانَ ٱلْأَنْعَٰمِ وَلَءَامُرَنَّهُمْ فَلَيُغَيِّرُنَّ خَلْقَ ٱللَّهِ ۚ وَمَن يَتَّخِذِ ٱلشَّيْطَٰنَ وَلِيًّا مِّن دُونِ ٱللَّهِ فَقَدْ خَسِرَ خُسْرَانًا مُّبِينًا


dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan menyuruh mereka (memotong telinga-telinga binatang ternak), lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan Allah), lalu benar-benar mereka meubahnya". Barangsiapa yang menjadikan syaitan menjadi pelindung selain Allah, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.

وعَنْ أسْمَاءَ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا أنَّ امْرَأَةً سَأَلَتِ النَّبيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم فَقَالَتْ : يا رَسُولَ الله إنَّ ابْنَتِي أصَابَتْهَا الْحَصْبَةُ، فَتَمَرَّقَ شَعْرُهَا، وإنِّي زَوَّجْتُهَا، أفَأَصِلُ فِيهِ ؟ فَقَالَ :

 لَعَنَ الله الْوَاصِلَةَ وَالْمَوْصُولَةَ .

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

وَفِي روايةٍ : الوَاصِلَةَ، والمُسْتوْصِلَةَ . قَوْلَهَا : فَتَمرَّقَ هو بالرَّاءِ، ومعناهُ : انْتَشَرَ وَسَقَطَ، وَالْوَاصِلَةُ : التي تَصِلُ شَعْرَهَا، أو شَعْرَ غَيرِهَا بِشَعْرٍ آخَرَ . وَالمَوْصُولَةُ : التي يُوصَلُ شَعْرُهَا . والمُسْتَوصِلَةُ : التي تَسْأَلُ مَنْ يَفْعَلُ ذلكَ لَهَا .وعَنْ عائشة رضي اللَّه عنْهَا نَحْوُهُ، مُتَّفَقٌ عَلَيْه .


Dari Asma' ra. bahwa ada seorang wanita bertanya kepada Nabi saw. lalu berkata: Ya Rasulullah, sesungguhnya anak aku perempuan itu terkena penyakit campak lalu rontoklah rambutnya dan aku sudah mengawinkannya, apakah boleh aku hubungkan rambutnya itu dengan rambut orang lain dengan diberi cemara dan sebagainya? Rasulullah saw. bersabda:

Allah melaknat wanita yang menghubung rambut dan yang minta menyambungkannya.

(Muttafaq 'alaih)

Dalam riwayat lain disebutkan: Orang yang menghubungkan rambut dengan rambut orang lain serta orang yang meminta supaya rambutnya dihubungkan dengan rambut orang lain. Ucapannya: Fa-tamarraqa, dengan ra', artinya ialah rontok dan jatuh. Alwashilah ialah orang yang menghubungkan rambutnya sendiri atau rambut orang lain dengan rambutnya orang lain lagi. Almawshulah ialah orang yang rambutnya dihubungkan, sedang almustawshilah ialah orang yang meminta supaya dihubungkan itu. Dari Aisyah ra. ada Hadis semacam di atas itu pula dan muttafaq 'alaih.


Hadis ini diriwayatkan juga oleh al Bukhari, hadis no. 5379; Muslim, hadis no. 3961 dan 3962; al-Nasa’i, hadis no. 5007 dan 5155; Ibn Majah, hadis no. 1978; Ahmad, hadis no. 23659, 25681, 25694, 25721 dan 25740.

وَعَنْ حميْدِ بن عبْدِ الرَّحْمن أنَّهُ سمع مُعاويَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عامَ حجَّ علَى المِنْبَر وَتَنَاول قُصَّةً مِنْ شَعْرٍ كَانَتْ في يد حَرِسيٍّ فَقَالَ : يا أهْل المَدِينَةِ أيْنَ عُلَمَاؤكُمْ ؟ سمِعْتُ النبيَّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم يَنْهَى عَنْ مِثْلِ هَذِهِ ويقُولُ:

إنًَّمَا هَلَكَتْ بنُو إسْرَائِيل حِينَ اتَّخَذَهَا نِسَاؤُهُمْ .

 مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ


Dari Humaid Ibn Abdurrahman bahwa ia mendengar Mu'awiyah ra. di waktu melakukan ibadat haji, ia berada di atas mimbar dan mengambil segenggam rambut yang ada di tangan seorang pengawalnya, lalu ia berkata: Hai ahli Madinah, di manakah para alim ulamamu ini? aku mendengar Nabi saw. melarang semacam ini dan Beliau saw. bersabda:

Sesungguhnya Bani Isra’il hancur ketika para wanitanya memakai ini.

(Muttafaq 'alaih)


Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no. 3209; Muslim, hadis no. 3968, 3969 dan 3940; Abu Daud, hadis no. 3636; al-Tirmizi, hadis no. 2705; al-Nasa’i, hadis no. 5005, 5006 dan 5150-5153; Ahmad, hadis no. 16226, 16240, 16260, 16287 dan 16319; Malik, hadis no.  1489.

وعَنِ ابنِ عُمر رَضِيَ اللهُ عَنْهُ :

أنَّ رسُولَ الله صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم لَعَنَ الْواصِلَةَ وَالمُسْتوصِلَةَ، والْوَاشِمَة والمُستَوشِمة .

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ


Dari Ibn Umar ra. bahwa :

Rasulullah saw. melaknat wanita yang menyambung rambut dan yang meminta disambungkan, juga wanita yang membuat tato dan yang memintanya.

(Muttafaq 'alaih)


Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no. 5481, 5484 dan 5486; Muslim, hadis no. 3965; Abu Daud, hadis no. 3637; al-Tirmizi, hadis no. 1681 dan 2707; al-Nasa’i, hadis no. 5008 dan 5156; Ibn Majah, hadis no. 3637; Ahmad, hadis no. 4494.

وَعَنْ ابنِ مَسعُودٍ رضي عَنْهُ قَال:

لعَنَْ الله الْواشِماتِ والمُستَوشمات والمُتَنَمِّصات، والمُتَفلِّجات لِلحُسْن، المُغَيِّراتِ خَلْقِ اللَّه، فَقَالَتْ لَهُ امْرأَةٌ في ذلكَ . فَقَالَ: وما لي لا ألْعَنُ مَنْ لَعَنَ رَسُولُ الله صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم وَهُو في كتاب الله ؟، قَالَ الله تَعالى : { وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَما نَهَاكُمْ عَنْهُ فَانْتَهُوا }  [ الحشر : 7 ] .

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

المُتَفَلِّجةُ : هي التي تبْرُدُ مِنْ أسْنَانِهَا لِيَتَباعدَ بعْضُها مِنْ بعْضٍ قَليلاً وتُحَسِّنُهَا وهُوَ الْوَشْـرُ. والنَّامِصَةُ: هِي التي تَأْخُذُ مِنْ شَعْرِ حـاجب غَيْرِهَا، وتُرَقِّقُهُ لِيـصِيـرَ حَسناً. والمُتَنمِّصةُ: التي تَأمُرُ منْ يفْعَلُ بِهَا ذَلِكَ.


Dari Ibn Mas'ud ra. bahwa ia berkata:

Allah melaknat kepada orang-orang yang mencacah kulitnya serta yang meminta supaya dicacah kulitnya, juga orang yang meminta supaya rambut alisnya ditipiskan agar tampak indah bagaikan bulan sabit, demikian pula orang yang merenggangkan gigi-giginya untuk maksud kecantikan yang semuanya itu mengubah-ubah keaslian kejadian makhluk Allah. Kemudian ada seorang wanita yang berkata dalam hal ini seolah-olah menyanggah, lalu Ibn Mas'ud berkata: Bagaimanakah aku tidak akan melaknat kepada orang yang juga dilaknat oleh Rasulullah saw. dan pelaknatan itu tercantum pula dalam Kitabullah yakni al-Quran, Allah Ta'ala berfirman: Dan apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah dia. Dan apa yang dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah.

(Muttafaq 'alaih)

Almutafallijah ialah orang yang mengikir giginya supaya antara yang satu dengan lainnya itu menjadi renggang sedikit serta memperindahkan bentuknya, itulah yang disebut Alwasyr. Annamishah ialah orang yang mencabuti alis orang lain dan menipiskannya agar tampak cantik, sedang Almutanammishah ialah orang yang menyuruh orang lain supaya melakukan itu pada dirinya.


Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no. 4507, 5476, 5483, 5487 dan 5492; Muslim, hadis no. 3966; Abu Daud, hadis no. 3638; al-Tirmizi, hadis no. 2706; al-Nasa’i, hadis no. 3363, 5011, 5013, 5018, 5019, 5020, 5157, 5158, 5159 dan 5160; Ibn Majah, hadis no. 1979; Ahmad, hadis no. 3687, 3749, 3759, 3760, 3881, 3919, 4010, 4058, 4114, 4171, 4196 dan 4202; al-Darimi, hadis no. 2533.

عَنْ عَمْرِو بنِ شُعَيْبٍ، عَنْ أبيهِ، عَنْ جَدِّهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، عَنْ النبي صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ :

لاَ تَنْتِفُوا الشَّيْبَ، فَإنَّهُ نُورُ المُسْلِمِ يوْمَ الْقِيامةِ .

رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ والتِّرْمِذِيُّ، والنسائِيُّ بأَسَانِيدَ حسنَةٍ

قَالَ التِّرْمِذِيّ : هُو حديثٌ حَسَنٌ .


Dari 'Amr Ibn Syu'aib dari ayahnya dari neneknya lelaki ra. dari Nabi saw. yang bersabda:

Janganlah kalian mencabut uban, karena ia adalah cahaya seorang muslim pada hari kiamat.

(Hadis hasan, HR Abu Daud dan al-Tirmizi serta al-Nasa'i dengan sanad-sanad yang bagus)

al-Tirmizi berkata bahwa ini adalah Hadis hasan.


Hadis hasan, diriwayatkan oleh Abu Daud, hadis no. 3670; al-Tirmizi, hadis no. 2746; al-Nasa’i, hadis no. 4982; Ibn Majah, hadis no. 3711.