Separuh penghuni surga adalah ummat Nabi Muhammad saw

RS 431

وَعَنْ ابنِ مسعودٍ، رَضِيَ اللهُ عَنْه، قَالَ : كُنَّا مَعَ رسولِ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم في قُبَّةٍ نَحواً مِنْ أَرَبعِينَ، فقَالَ :

أَتَرضَونَ أَنْ تَكُونُوا رُبُعَ أَهْلِ الجَنَّةِ ؟

قُلْنَا: نَعَم، قَالَ

أَتَرضَونَ أَن تَكُونُوا ثُلُثَ أَهْلِ الجَنَّةِ ؟

قُلْنَا : نَعَم، قَالَ

وَالَّذِي نَفسُ مُحَمَّدٍ بِيَدِهِ إِنِّي لأَرجُو أَنْ تَكُونُوا نِصفَ أَهْلِ الجَنَّة، وَذَلِك أَنَّ الجَنَّةَ لا يَدخُلُهَا إِلاَّ نَفسٌ مُسلِمَةٌ، وَمَا أَنتُمْ في أَهْلِ الشِّركِ إِلاَّ كالشعرة البَيَضَاءِ في جلدِ الثَّورِ الأَسودِ، أَوْ كَالشَّعَرَةِ السَّودَاءِ في جلدِ الثَّورِ الأَحْمَرِ 

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ


Dari Ibn Mas'ud ra. berkata: Kita semua berada bersama-sama Rasulullah saw. dalam sebuah kemah, kira-kira ada empat puluh orang, lalu Beliau saw. bersabda:

Maukah kalian menjadi seperempat penghuni surga?

Kami menjawab: Ya. Beliau saw. bersabda pula:

Maukah kalian menjadi sepertiga penghuni surga?

Kami menjawab: Ya. Beliau saw. lalu bersabda:

Demi Dzat yang jiwa Muhammad ada di dalam genggaman kekuasaan-Nya, sesungguhnya aku berharap kalian menjadi setengah penghuni surga. Hal itu disebabkan karena tidak ada yang dapat masuk surga selain jiwa orang-orang islam. Dibanding dengan orang-orang musyrik, kalian laksana selembar rambut putih di antara kulit lembu hitam. Atau, laksana selembar rambut hitam di antara kulit lembu merah.

(Muttafaq 'alaih)


Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no. 6047 dan 6151; Muslim, hadis no. 324-326; al-Tirmizi, hadis no. 2470; Ibn Majah, hadis no. 4273; Ahmad, hadis no. 3479, 3953, 4030 dan 4100.