Mencari calon istri terbaik

RS 364

وَعَنْ أبي هُرَيْرَةَ رَضِيَ الله عَنْه، عَنْ النبي صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم قَالَ :

تُنْكَحُ المَرْأَةُ لأَرْبعٍ : لِمالِهَا، وَلِحَسَبِهَا، وَلِجَمَالِهَا، ولِدِينِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّينِ تَرِبَتْ يَدَاك .

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

ومعناه : أَنَّ النَّاس يَقْصِدُونَ في الْعَادَةِ مِنَ المَرْأَةِ هَذِهِ الخِصَالَ الأَرْبعَ، فَاحِرصْ أَنْتَ عَلى ذَاتِ الدِّينِ . وَاظْفَرْ بِهَا، واحْرِص عَلى صُحْبَتِهَا .


Dari Abu Hurairah ra. dari Nabi saw. bersabda:

Seorang wanita itu dinikahi karena empat perkara, yaitu karena ada hartanya, karena keturunannya, karena kecantikannya dan karena teguh agamanya. Maka dari itu dapatkanlah yang mempunyai keteguhan agama, karena jika tidak, maka engkau hanya akan mendapat tanah (merugi).

(Muttafaq 'alaih)

Adapun maknanya Hadis di atas itu ialah bahwasanya para manusia itu dalam ghalibnya menginginkan wanita itu karena adanya empat perkara di atas itu, tetapi engkau sendiri hendaklah menginginkan lebih-lebih yang beragama teguh. Wanita sedemikian itulah yang harus didapatkan dan berlumbalah untuk mengawininya.


Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no. 4700; Muslim, hadis no. 2661; Abu Daud, hadis no. 1751; al-Nasa’i, hadis no. 3178; Ibn Majah, hadis no. 1848; Ahmad, hadis no. 9156; al-Darimi, hadis no. 2076.