Memilih calon suami terbaik

RS 1533

وَعَنْ فَاطِمةَ بنْتِ قَيْسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهَا قَالَتْ :أَتيْتُ النَّبيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم، فَقَلَت : إِنَّ أَبَا الجَهْمِ وَمُعَاوِيَةَ خَطَبَانِي ؟ فَقَالَ رَسُول اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم :

أمَّا مُعَاوِيَةُ، فَصُعْلُوكٌ لَا مَالَ لَه،ُ وأمَّا أَبُو الجَهْمِ فَلَا يَضَعُ العَصَا عَنْ عَاتِقِهِ

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

وَفِي رِوَايَةٍ لِمُسْلِمٍ : وأمَّا أبُو الجَهْمِ فَضَرَّابُ لِلنِّساءِِ وَهُوَ تفسير لرواية : لا يَضَعُ العَصَا عَنْ عَاتِقِهِ وقيل : معناه : كثيرُ الأسفارِ .


Dari Fathimah bint Qais ra. berkata: Aku mendatangi Nabi saw. lalu aku berkata: Sesungguhnya Abuljahm dan Mu'awiyah itu sama-sama melamar diriku. Rasulullah saw. lalu bersabda:

Adapun Mu'awiyah adalah seorang fakir yang tidak mempunyai harta, sedangkan Abuljahm adalah seorang yang tidak pernah meletakkan tongkat dari bahunya (kasar kepada istri).

(Muttafaq 'alaih)

Dalam riwayat Muslim disebutkan: Adapun Abuljahm, maka ia adalah seorang yang gemar memukul wanita. Ini adalah sebagai tafsiran dari riwayat yang menyebutkan bahwa ia tidak sempat meletakkan tongkat dari bahunya. Ada pula yang mengartikan lain ialah bahwa Tidak sempat meletakkan tongkat dari bahunya itu artinya banyak sekali bepergiannya.


Hadis sahih, diriwayatkan oleh Muslim, hadis no. 2709; Abu Daud, hadis no. 1944; al-Tirmizi, hadis no. 1054; al-Nasa’i, hadis no. 3193, 3489; Ibn Majah, hadis no. 1859; Ahmad, hadis no. 26057, 26070; Malik, hadis no.1064; al-Darimi, hadis no. 2082.

Sedangkan riwayat al-Bukhari tidak ditemukan. Wallahu a'lam.