Waktu persisinya untuk berbuka

RS 1236 RS 1237

وَعَنْ عُمَرَ بنِ الخَطَّابِ رَضِيَ اللُه عَنْهُ، قَالَ : قَال رَسُولُ اللِه صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :

إِِذَا أَقْبَلَ اللَّيْلُ مِنْ هَاهُنَا وَأَدْبَرَ النَّهَارُ مِنْ هَاهُنَا، وَغَرَبَتِ الشَّمْسُ، فَقَدْ أَفْطَرَ الصَّائِمُ .

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ


Dari Umar Ibn al-Khaththab ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda:

Apabila malam telah datang dari sini, siang telah berlalu dari sini, dan matahari sudah terbenam, maka orang yang berpuasa sudah berbuka.

(Muttafaq 'alaih)


Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no. 1818; Muslim, hadis no. 1841; Abu Daud, hadis no. 2004; al-Tirmizi, hadis no. 634; Ahmad, hadis no. 187, 225, 320 dan 360; al-Darimi, hadis no. 1638.

وَعَنْ أََبِي إِِبْرَاهِيْمَ عَبْدِ اللَّهِ بنِ أََبِي أَوْفِى رَضِيَ اللُه عَنْهُمَا، قَالَ : سِرْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَهُوَ صَائِمٌ، فَلَمَّا غَرَبتِ الشَّمسُ، قَالَ لِبَعْضِ الْقَوْمِ :

يَا فُلَانُ انْزِلْ فََاجْدَحْ لََنَا .

فَقَالَ : يَا رَسُولَ اللَّهِ لَوْ أَمْسَيْتَ ؟ قَالَ :

انْزِلْ فَاجْدَحْ لَنَا .

قالَ : إِنَّ عَلَيْكَ نَهَاراً، قَالَ :

انْزِلْ فَاجْدَحْ لَنَا .

قََالَ : فَنَزَلَ فَجَدَحَ لَهُمْ فَشَرِبَ رَسُولُ اللِه صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، ثُمَّ قَالَ:

إِِذَا رَأَيْتُمُ اللَّيْلَ قَدْ أَقْبَلَ مِنْ هَاهُنَا، فَقَدْ أَفْطَرَ الصَائِمُ وَأََشَارَ بِيَدِهِ قِبَلَ المَشْرِقِ .

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

قَوْلَهُ : اجْدَحْ بِجيم ثُمَّ دال ثُمِّ حاءٍ مهملتين، أَي : اخْلِطِ السَّوِيقَ بالماءِ .


Dari Abu Ibrahim yaitu Abdullah ibn Abu Aufa ra. berkata: Kita berjalan yakni berpergian bersama Rasulullah saw. dan Beliau saw. berpuasa. Ketika matahari terbenam, lalu beliau bersabda kepada sebagian kaum yang mengikuti perjalanan itu:

Hai Fulan, turunlah dan aduk sawiq dengan air untuk kita.

Orang itu berkata: Wahai Rasulullah , apa tidak lebih malam saja? Beliau saw. bersabda lagi:

Turunlah dan aduk sawiq dengan air untuk kita.

Orang itu berkata lagi: Sesungguhnya hari masih siang. Beliau saw. bersabda lagi:

Turunlah dan aduklah sawiq dengan air untuk kita.

Yang meriwayatkan Hadis ini berkata: Orang yang disuruh tadi lalu turun, kemudian ia membuat makanan untuk rombongan. Rasulullah saw. lalu minum kemudian bersabda:

Apabila kalian telah melihat malam datang dari sebelah sini, maka orang berpuasa telah berbuka. Beliau menunjuk ke arah timur.

(Muttafaq 'alaih)

Bersabda: Ijdah dengan menggunakan Jim lalu dal lalu ha' yang keduanya muhmalah, artinya ialah campurlah roti sawiq dengan air.


Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no. 1805, 1819, 1820, 1822 dan 4886; Muslim, hadis no. 1842 dan 1843; Abu Daud, hadis no. 2005; Ahmad, hadis no. 18583 dan 18598.