Lafaz doanya

RS 935 RS 936 RS 938 RS 939

عَنْ أَبِيْ عَبْدِ الرحمنِ عوفِ بن مالكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْه قَالَ : صلَّى رسول الله صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم عَلى جَنَازَةٍ، فَحَفِظْتُ مِنْ دُعائِهِ وَهُو يَقُولُ :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ، وَارْحَمْهُ، وَعَافِهِ، وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكرِمْ نُزُلَهُ، وَوسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالمَاءِِ وَالثَّلْجِ والْبَرَدِ، ونَقِّه مِنَ الخَـطَايَا، كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوب الأبْيَضَ منَ الدَّنَس، وَأَبْدِلْهُ دارًا خَيراً مِنْ دَارِهِ، وَأَهْلاً خَيّرَاً مِنْ أهْلِهِ، وَزَوْجاً خَيْراً مِنْ زَوْجِهِ، وأدْخِلْه الجنَّةَ، وَأَعِذْه مِنْ عَذَابِ القَبْرِ، وَمِنْ عَذَابِ النَّار

حَتَّى تََمَنَّيْتُ أََنْ أَكُونَ أنَا ذَلِكَ المَيِّتَ .

رَوَاهُ مُسْلِمٌ


Dari Abdur Rahman Ibn Auf ibn Malik ra. berkata: Rasulullah saw. menshalatkan jenazah, lalu aku menghafalkan sesuatu dari doanya, yaitu Beliau saw. mengucapkan yang artinya:

Ya Allah, ampunilah dia dan rahmatilah dia, selamatkan dan maafkanlah dia, muliakanlah tempat kediamannya, lapangkanlah kuburnya, cucilah dosa-dosanya dengan air, salju dan batu es, bersihkan dia dari segala kesalahan sebagaimana Engkau membersihkan pakaian putih dari kotoran, gantilah rumahnya dengan rumah yang lebih baik, gantilah keluarganya dengan keluarga yang lebih baik, gantilah istrinya dengan istri yang lebih baik, masukkan dia ke dalam surga, hindarkan dia dari siksa kubur dan siksa neraka.

Sampai-sampai aku mengharapkan menjadi mayit tersebut.

(HR Muslim)


Hadis sahih, diriwayatkan oleh Muslim, hadis no. 1600; al-Tirmizi, hadis no. 946; al-Nasa’i, hadis no. 1957 dan 1958; Ibn Majah, hadis no. 1489; Ahmad, hadis no. 22850 dan 22875.

وَعَنْ أبي هُريرة وأبي قَتَادَةَ، وأبي إبْرَاهيمَ الأشْهَليَّ عَنْ أبيه، وأبوه صَحَابيٌّ رَضِيَ اللهُ عَنْهم، عَنِ النبيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم أنَّه صلَّى عَلى جَنَازَة فقَالَ :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِحَيِّنَا وَميِّتِنا، وَصَغِيرنَا وَكَبيرِنَا، وذَكَرِنَا وَأُنْثَانَا، وَشَاهِدِنا وَغائِبنَا . اللَّهُمَّ مَنْ أَحْيَيْتَهُ مِنَّا فَأَحْيِهِ عَلَى الإِسْلَامِ، وَمَنْ تَوَفَّيْتََهُ مِنَّا فَتََوَفَّهُ عَلَى الإيْمَانِ، اللَّهُمَّ لَا تََحْرِمْنَا أَجْرَهُ، وَلَا تَفْتِنَّا بَعْدَهُ .

رَوَاهُ التِّرْمِذِيّ من رواية أبي هُرَيْرةَ والأشهَليِّ

ورَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ .من رواية أبي هريرة وأبي قَتَادَةَ . قال الحاكم : حَدِيْثٌ أبي هريرة صَحيحٌ على شَرْطِ البُخاريِّ ومُسْلِمٍ، قال الترْمِذي قال البُخَارِيّ : أَصحُّ رواياتِ هذا الحديث روايةُ الأَشْهَليِّ . قال البُخَارِيّ : وَأَصَحُّ شيء في هذا الباب حَدِيْثٌ عوْفِ بن مالكٍ .


Dari Abu Hurairah, Abu Qatadah dan Abu Ibrahim al-Asyhali dari ayahnya dan ayahnya adalah seorang sahabat, ra. dari Nabi saw. bahwa beliau menshalatkan janazah, lalu mengucapkan yang artinya:

Ya Allah, berilah ampunan kepada orang yang hidup dan yang mati di antara kami, yang kecil dan yang besar di antara kami, yang laki-laki dan yang perempuan di antara kami, yang hadir dan yang tidak hadir di antara kami. Ya Allah, barangsiapa yang Engkau hidupkan di antara kami, maka hidupkanlah dalam Islam, dan barangsiapa yang Engkau matikan di antara kami, maka matikanlah dalam iman. Ya Allah, janganlah Engkau menghalangi kami dari mendapatkan pahalanya, dan janganlah Engkau beri kami fitnah setelah kematiannya.

(HR al-Tirmizi dari riwayat Abu Hurairah dan al-Asyhali)

Juga HR Abu Daud dari riwayat Abu Hurairah dan Abu Qatadah. Imam Hakim berkata: Hadis Abu Hurairah ini sahih menurut syaratnya Imam al-Bukhari dan Muslim. al-Tirmizi berkata: al-Bukhari berkata: Selengkap-lengkap riwayat-riwayat Hadis dalam bab ini ialah riwayatnya al-Asyhali. al-Bukhari berkata: Sebagus-bagus Hadis dalam bab ini ialah Hadisnya 'Auf ibn Malik.


Hadis ini diriwayatkan juga oleh al Bukhari, hadis no. 162; al-Tirmizi, hadis no. 945; al-Nasa’i, hadis no. 1960; Ahmad, hadis no. 16885 dan 22397.

وعَنْهُ عَنِ النَّبيِّ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم في الصَّلاةِ عَلى الجَنَازَة :

اللَّهُمَّ أَنْت ربُّهَا، وَأَنْتَ خَلَقْتَها، وأَنْتَ هَديْتَهَا للإسلامِ، وَأَنْتَ قَبَضْتَ رُوحَهَا، وَأَنْتَ أََعْلَمُ بِسِرِّهَا وَعَلَانِيَتِهَا،وَقَدْ جِئْنَاكَ شُفَعَاءَ لَهُ فَاغْفِرْ لَهُ .

رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ


Dari Abu Hurairah ra. pula dari Nabi saw. perihal doa menshalatkan janazah, yaitu yang artinya:

Ya Allah, Engkau adalah Tuhannya, Engkau pula yang menciptakannya, Engkau memberikannya petunjuk kepada Islam. Engkau telah mencabut nyawanya, dan Engkau Maha Tahu terhadap rahasia dan terus terangnya. Kini kami datang kepadamu untuk memberi syafaat kepadanya, maka ampunilah dia.

(HR Abu Daud)


Hadis sahih, diriwayatkan oleh Abu Daud, hadis no. 2785; dan Ibn Majah, hadis no.1486.

وَعَنْ واثِلة بنِ الأسقعِ رضيَ الله عَنْه قَالَ : صَلَّى بِنَا رسولُ اللَّهِ صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم عَلى رجُلٍ مِنَ المُسْلِمينَ، فسمعته يقولُ :

اللَّهُمَّ إنَّ فُلانَ ابْنَ فُلانٍ فِي ذِمَّتِكَ وَحَبْلَّ جِوَارِكَ، فَقِهِ فِتْنَةَ القَبْرِ، وَعَذَابَ النَّار، وَأَنْتَ أََهْلُ الْوَفَاءِِ وَالْحَمْدِ، اللَّهُمَّ فَاغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ، إِنَّكَ أَنْتَ الغَفُورُ الرَّحِيمُ .

رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ


Dari Watsilah Ibn al-Asqa' ra. berkata: Rasulullah saw. menshalatkan janazah seorang lelaki dari kaum Muslimin beserta kita, lalu aku mendengar Beliau saw. mengucapkan yang artinya:

Ya Allah, sesungguhnya, fulan bin fulan berada dalam tanggungan-Mu dan pemeliharaan-Mu, maka lindungilah dia dari siksa kubur dan siksa neraka. Engkau Maha menepati janji dan Terpuji. Ya Allah, maka ampunilah dia dan rahmatilah, sesungguhnya, Engkau Maha Pengampun dan Maha Penyayang.

(HR Abu Daud)


Hadis sahih, diriwayatkan oleh Abu Daud, hadis no. 2787; Ibn Majah, hadis no. 1488; Ahmad, hadis no. 15443.