Memelihara Anjing kecuali untuk jaga dan berburu

RS 1688 RS 1689

عَنْ ابْنِ عُمَر رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا : قَالَ سَمِعْتُ رَسُولَ الله صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم يَقُولُ :

مَنِ اقْتَنَى كَلْباً إلَّا كَلْبَ صَيْدٍ أوْ مَاشِيَةٍ فَإنَّهُ يَنْقُصُ مِنْ أجْرِهِ كُلَّ يَوْمٍ قِيرَاطَانِ .

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

وَفِي روايةٍ : قِيرَاطٌ .


Dari Ibn Umar ra. berkata: Aku mendengar Rasulullah saw. bersabda:

Barangsiapa yang memelihara anjing, selain anjing untuk berburu atau menjaga ternak, maka berkuranglah pahalanya setiap harinya sebanyak dua qirath.

(Muttafaq 'alaih)

Dalam riwayat lain disebutkan: Berkurang seqirath.


Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no. 5058-5060; Muslim, hadis no. 2940-2946; Abu Daud, hadis no. 2461; al-Tirmizi, hadis no. 1407 dan 1408; al-Nasa’i, hadis no. 4210, 4212, 4213 dan 4215-4217; Ibn Majah, hadis no. 3195; Ahmad, hadis no. 4249, 4321, 4582, 4706, 4829, 4924, 5002, 5136, 5248, 5514, 5655, 6058 dan 6154; Malik, hadis no. 1530.

وَعَنْ أبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُولُ الله صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم :

مَنْ أمْسَكَ كَلْباً، فَإنَّهُ يَنْقُصُ كُلَّ يَوْمٍ مِنْ عَمَلِهِ قِيرَاطٌ إلاًَّ كَلْبَ حَرْثٍ أوْ مَاشِيَةٍ .

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ

وَفِي رِوَايَة لمُسْلِم : مَنْ اقْتَنَى كَلْباً لَيْسَ بِكَلْبِ صَيْدٍ، وَلَا مَاشِيةٍ وَلَا أَرْضٍ فَإنَّهُ يَنْقُصُ مِنْ أجْرِهِ قِيرَاطَانِ كُلَّ يَوْمٍ


Dari Abu Hurairah ra. yang berkata bahwa Rasulullah saw. bersabda:

Barangsiapa yang memelihara anjing, maka setiap hari pahala amal perbuatannya berkurang satu qirath, kecuali anjing untuk menjaga kebun atau melindungi hewan ternak.

(Muttafaq 'alaih)

Dalam riwayat Muslim disebutkan: Barangsiapa memelihara anjing yang bukan anjing untuk berburu, bukan juga untuk menjaga ternak dan tidak untuk menjaga tanah, maka pahala orang itu akan berkuranglah setiap hari sebanyak satu qirath.


Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no. 2154 dan 3077; Muslim, hadis no. 2947-2950; Abu Daud, hadis no. 2461; al-Tirmizi, hadis no. 1408-410; al-Nasa’i, hadis no. 4215 dan 4216; Ibn Majah, hadis no. 3195; Ahmad, hadis no. 8191, 9129 dan 9733.