Darahnya akan semerbak kasturi

RS 1295 RS 1296

وَعَنْهُ قَالَ : قََالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ :

مَا مِنْ مَكْلُومٍ يُكْلََمُ فِي سَبِيْلِ اللِه إلاَّ جَاءَ يَوْمَ القِيَامَةِ، وَكَلْمُهُ يَدْمِيْ : اللَّوْنُ لَونُ دَمٍ وَالرِّيْحُ رِيْحُ مِسْكٍ .

مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ


Dari Abu Hurairah ra. berkata: Rasulullah saw. bersabda:

Tiada seorangpun yang terluka ketika berperang fi-sabilillah, melainkan ia akan datang pada hari kiamat, sedang lukanya berdarah. Warnanya adalah warna darah dan baunya adalah bau minyak kasturi.

(Muttafaq 'alaih)


Hadis sahih, diriwayatkan oleh al-Bukhari, hadis no. 35, 230, 2579, 2588, 2593, 2750, 2891, 5107, 6685, 6686, 6903 dan 6909; Muslim, hadis no. 3484-3487; al-Tirmizi, hadis no. 1580; al-Nasa’i, hadis no. 3047, 3071, 3072, 3073, 3096, 3100, 3101, 4943 dan 4944; Ibn Majah, hadis no. 2743 dan 2785; Ahmad, hadis no. 6860, 7001, 7041, 7783, 7858, 8620, 8725, 8821, 8826, 9111, 9742, 10004, 10038, 10119, 10241, 10323, 10450, 10514; Malik, hadis no. 850, 871, 873 dan 883; al-Darimi, hadis no. 2284 dan 2299.

وَعَنْ مُعَاذٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ، عَنْ النَبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، قََالَ :

مَنْ قَاتَلَ فِيْ سَبِيْلِِ اللَّهِ مِنْ رَجُلٍ مُسْلِمٍ فُوَاقَ نَاقَةٍ وَجَبَتْ لَهُ الجَنَّةُ، وَمَنْ جُرِحَ جُرْحاً فِي سَبِيْلِِ اللِه أَوْ نُكِبَ نَكْبَةً، فََإِنَّهَا تَجِيْءُ يَوْمَ القِيَامَةِ كَأَغزَرِ مَا كَانَتْ : لََوْنُهَا الزَّعْفَرَانُ، وَرِيحُها كَالمِسْكِ .

رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ، وَالتِّرْمِذِيُّ وَقَالَ: حديثٌ حسَنٌ صَحِيْحٌ


Dari Mu'az ra. dari Nabi saw. yang bersabda:

Barangsiapa yang berperang fi-sabilillah, dari golongan orang Islam, selama waktu antara dua perahan susu unta, maka ia berhak masuk surga. Juga barangsiapa yang terluka di jalan Allah, atau terkena musibah, maka kelak pada hari kiamat luka itu mengeluarkan darah lebih deras. Luka itu warnanya seperti warna za’faran dan baunya seperti minyak kasturi.

(HR Abu Daud dan al-Tirmizi. al-Tirmizi berkata bahwa ini adalah Hadis hasan sahih)


Hadis sahih, diriwayatkan oleh Abu Daud, hadis no. 2179; al-Tirmizi, hadis no. 1581; al-Nasa’i, hadis no. 3090; Ibn Majah, hadis no. 2782; Ahmad, hadis no. 21094 dan 21100.